Manfaat Blogwalking

Pada artikel Saya sebelumnya yang berjudul “tips agar blog ramai pengunjung dengan memaksimalkan konten“, disitu Saya membahas sekilas tentang blogwalking. Tapi setelah dipikir-pikir  Saya lebih baik menulis dalam satu artikel saja yang khusus untuk membahas manfaat blogwalking.

Pengertian Blogwalking

Blogwalking merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pemilik blog dengan berkunjung ke blog-blog milik orang lain dengan membaca konten yang disajikan oleh blog orang lain kemudian memberikan tanggapan yang relevan pada artikel blog lain.

Kegiatan blogwalking bagi blogger pemula mungkin dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Tetapi sebenarnya manfaat blogwalking sangat bagus untuk perkembangan blog Anda di mata Google.

Manfaat Blogwalking

Aktivitas blogwalking yang Anda lakukan tidak hanya bermanfaat untuk blog yang Anda kunjungi, melainkan membarikan manfaat bagi Anda dan blog Anda. Jadi manfaat blogwalking bisa dirasakan baik untuk Anda maupun untuk blog yang Anda kunjungi. Saling memberikan manfaat positif.

Jika diibaratkan dengan dunia nyata, kita  perlu sekali untuk bersosialisasi dan menjalin silaturahmi. Tentu kita sudah tahu dengan menjalin silaturahmi dapat memperlancar rejeki kita. Nah, begitu pula dengan blog. Jika kita rajin blogwalking dan menjalin silaturahmi dengan blog-blog lain maka akan banyak sekali rejeki dan manfaat blogwalking yang akan kita dapatkan.

Berikut ini manfaat blogwalking yang bisa Anda dapatkan :

manfaat blogwalking

1.Menambah pengetahuan

Dengan melakukan aktivitas blogwalking kita akan memperoleh banyak pengetahuan baru yang dari blog orang lain yang kita kunjungi. Dengan membaca informasi yang baru kita bisa mendapatkan inspirasi baru yang bisa Anda tulis kembali pada blog Anda. Tentunya dengan bahasa Anda sendiri, tidak copy paste.

2.Menambah silaturahmi

Saya pribadi sangat senang sekali melakukan aktivitas blogwalking. Saya mengikuti blog-blog orang lain, dan secara rutin saya mengunjungi blog yang telah Saya ikut. Dari kegitan tersebut, pemilik blog pun akan memberikan tanggapan yang positif kepada Saya dengan mengunjungi kembali blog Saya. Tidak jarang aktivitas blogwalking dapat memunculkan ide dan gagasan baru antara blogger yang bisa kita realisasikan didunia nyata.

3.Mendapatkan backlink

Dengan blogwalking Anda juga bisa mendapatkan backlink dari blog lain yang mempunyai Page Rank lebih tinggi dari blog Anda, sehingga kemungkinan akan menambah Page Rank pada blog Anda.

4.Sarana promosi blog

Saat Anda mengisi komentar pada artikel di blog orang lain, biasanya telah Anda mengisi formulir terlebih dahulu jika ingin berkomentar. Umumnya isi formulir tersebut meminta kepada Anda untuk mengisi nama, alamat email, dan alamat website/blog Anda. Dengan begitu pemilik blog yang Anda berikan komentar akan mengetahui blog Anda dan akan berkunjung kembali ke blog Anda. Tidak hanya pemilik blog yang Anda komentari, tetapi blogger-blogger lain yang memberikan berkunjung di blog tersebut bisa saja mengetahui blog Anda dari komentar yang Anda tinggalkan tadi.

5.Meningkatkan blog pada search engine

Blog kita akan menempati posisi yang bagus pada search engine jika kita melakukan teknik-teknik SEO dengan benar . Perlu Anda ketahui bahwa aktivitas blogwalking sendiri merupakan bagian dari SEO, lebih tepatnya SEO off page. Dengan begitu manfaat blogwalking juga besar sekali untuk blog Anda.

Tips Blogwalking

Melakukan aktivitas blogwalking juga ada aturannya. Berikut ini Saya jelaskan tips untuk blogwalking :

1.Baca artikelnya

Kita sebelum memberikan komentar alangkah baiknya jika membaca selueruh isi artikel blog yang ingin kita berikan komentar sehingga kita tahu isi informasi dari artikel tersebut.

2.Berkomentar yang sopan dan relevan

Berkomentar lah dengan bahasa yang sopan, jangan menggunakan kata-kata kasar, sara, dan porno. Berikanlah komentar yang relevan dan berbobot, itu lah tadi gunanya Anda membaca artikel sampai habis terlebih dahulu. Usahakan komentar yang Anda buat mengandung sebuah pertanyaan.

3.Jangan meninggalkan link aktif

Jangan meninggalkan link aktif pada komentar. Hal ini bisa membuat reputasi blog Anda jelek di mata Google karena Anda di anggap telah melakukan spam dengan menaruh link aktif di berbagai blog yang Anda kunjungi. Telah disediakan pada kontak formulir sebelum Anda berkomentar, dari situ nama Anda yang akan muncul pada komentar bisa disisipkan link menuju blog Anda. Jadi Anda tidak perlu meninggalkan link aktif pada komentar, cukup sisipkan di nama Anda.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat blogwalking yang telah sampaikan. Jadikanlah blogwalking sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Yuk saling blogwalking, berikan komentar Anda pada artikel Saya dan Saya akan kunjungi kembali blog Anda.

33 responses to “Manfaat Blogwalking

  1. Ping-balik: Pengalaman Ngeblog Pakai Blogspot | Kang Yuli·

Tinggalkan komentar