Apa itu SEO?

Apa itu SEO?

Mungkin kata itu lah yang pertama kali akan muncul dari blogger pemula.

Dulu saya sangat senang sekali setelah saya berhasil membuat blog. Tetapi lama-lama saya jenuh. Sudah bikin artikel banyak tapi pengunjung gak ada. Ada sih pengunjung setia, ya saya sendiri hehehe…

Setelah saya cari tahu melalui mbah Google ternyata ada 1 hal penting yang harus diperhatikan. SEO, penting nih agar blog kita bisa mendapatkan traffick pengunjung dari mesin pencari.

Lalu apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari (dalam bahasa Indonesia).

Jika kita buka wikipedia disitu disebutkan bahwa arti SEO adalah adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

apa-itu-seo

Jadi gampangnya nih, SEO adalah sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi standar kualitas mesin pencari, agar halaman web kita dapat meraih rangking pertama dalam hasil pencarian dengan mengalahkan semua pesaing menggunakan kata kunci tertentu.

Kata kunci adalah semua hal yang diketikkan orang pada saat menggunakan Google.

Contoh, jika Anda berniat membeli baju dengan harga yang murah kemungkinan Anda akan mengetik “jual baju murah” pada mesin pencari Google. Nah, kata “jual baju murah” ini lah yang disebut kata kunci atau keyword.

nn

Jadi setiap pemilik website yang menggunakan kata kunci “jual baju murah” akan terpampang di hasil pencarian Google. Website yang berada dalam halaman 1 Google adalah yang paling Google sarankan untuk Anda kunjungi karena sang pemilik website telah mengoptimasi dengan baik websitenya dengan kata kunci “jual baju murah”.

Dan perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan traffick dari Google bukanlah hal yang mudah. Kita harus tekun dan sabar. Karena hasil SEO sendiri tidak instan, emangnya mie rebus pake instan segala hehehe…

Google hanya menyiapkan 7-10 tempat pada halaman pertama. Sedangkan website yang menyediakan informasi serupa bisa mencapai jutaan.

Apa itu SEO

KENAPA GOOGLE ?

Dari tadi kok yang dibicarakan Google terus, emangnya Yahoo dan mesin pencari lain tidak menerapkan SEO?

Sebagai permulaan belajar SEO Anda, perlu diketahui bahwa 68% pencarian di dunia ini ditangani oleh mesin pencari Google. Hal ini dikarenakan Google mempunyai algoritma yang paling berkembang sekaran ini.

Mesin pencari yang lain masih banyak yang menerapkan faktor usia halaman sehingga halaman-halaman yang baru sulit untuk mendapatkan peringkat di dalam hasil pencarian mereka.

Jadi mudah-mudahan dengan artikel saya ini Anda sudah sedikit mengetahui apa itu SEO.

Melalui artikel berikutnya saya akan menulis tentang penerapan SEO dalam blog. Jadi tunggu artikel berikutnya ya …

Silahkan Anda share artikel ini melalui media sosial yang Anda miliki agar artikel ini semakin banyak memberikan manfaat.

Bagi Anda yang masih belum tahu apa itu SEO mari kita diskusi melalui kolom komentar dibawah ini.

 

4 responses to “Apa itu SEO?

Tinggalkan komentar